Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Puskesmas Tiban Baru

Authors

  • syevi susanti STIKes Awal Bros Batam
  • Nia Ramadina

Keywords:

patient satisfaction, performance characteristics, Communications

Abstract

Patient satisfaction is one important indicator that must be considered in health care. Patient satisfaction is the result of a patient's assessment of health services by comparing what is expected in accordance with the reality of health services received in a hospital health setting   (Kotler, 2017; Pohan, 201 7) According to the Republic of Indonesia Ministry of Health in 2015, complaints were found about patient dissatisfaction to nurse communication. The average data obtained from several hospitals in Indonesia shows that 67% of patients complain of dissatisfaction in receiving health services (MOH, 2015).  The study aims to determine the factors of patient satisfaction method of research is cross sectional. Instrument of research is using the instrument, sample research is 46 people The results Research This in getting more than most of the characteristics of services 57%, more than the majority reputation is not good 5 7% , More Than most of the communication and patient satisfaction 57% in this case chi-square test results conducted there can be a significant relationship between service characteristics with patient satisfaction. With a significant value of p <0.05 i.e. 0, 004, there is a significant relationship between communication   with patient satisfaction  with a significant value of p <0.05 i.e. 0 004, there is a significant relationship between reputation and patient satisfaction.  With a significant value of p <0.05 i.e. = 0, 004,

References

Andri, Gus.2011.Pengaruh Kinerja Pelayanan Rs.Islam Ibnu Sina dan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Moderator terhadap Loyalitas Pasien pada RS Islam Ibnu Sina di Sumatera Barat.In http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn 12012010/article/view/507/556.Diakses tanggal, 4 Februari 2013.

Anggraini.2012.Hubungan Kepuasan Pasien dengan Minat Pemanfaatan Ulang

Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Usada Sidoarjo.In http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/507/556.Last Diakses tanggal 27 Juli 2013.

Arwani.2003.Komunikasi dalam Keperawatan.Jakarta.EGC.

Asmuji.2012.Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Asniati Mus.2009.Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai.UIN.

Bayangkara, Nyoto.2013.Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Dinas POLRI.In http://nyoto-bhayangkara.blog spot.com/2012/09/hubungan-antara-komunikasi-terapeutik_1.html.Diakses tanggal,13 Mei 2013.

Budiman.2010.Hubungan Status Demografi dengan Kepuasan Masyarakat tentang Pelayanan JAMKESMAS di WilayahPUSKESMAS Tanjung Sari Kabupaten Bogor tahun 2010.in http://www.library.upnvj.ac.id/pdf/s1 keperawatan08/204312054/ejournal/.pdf. Diakses tanggal 27 Juli 2013.

Damaiyanti, Mukhrifah.2010.Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Jakarta: EGC.

Diana, Sr. & Asrin, OP.2012.Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapautik terhadap Kemampuan Komunikasi Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah SAkit Elisabeth Purwokerto.In http://www. slideshare.net/KULIAHISKANDAR/jurnal-hubungan-pengetahuan-komuni kasi-terapeutik-terhadap-kemampuan-komunikasi-perawat-dalam-melaksan akan-asuhan-keperawatan-di-rumah-sakit-elisabeth-purwokerto.Diakses tanggal 13 Mei 2013

penelitian sistem kesehatan Vol.9 No. 4. In http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/ jurnal/940619097.pdf. Diakses Tanggal, 13 Mei 2013.

Fajar, Marhaeni.2009.Ilmu Komunikasi: Teori & Praktik.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hanafi, Imam & Selvia David Richard.2012.Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Perawat Berpengaruh Peningkatan Kepuasan Pasien. Jurnal Stikes Volume 5. No. 2, Desember 2012.In Http://Puslit2.Petra.Ac.Id/Ejou rnal/Index.Php /Stikes/Article/Download/18612/18373. Diakses tanggal 21 Juni 2013.

Haydar.2011.Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di RSUD Dr. Djasmen Saragih Pematangsiantar.In http://www. repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29065/4/Chapter%252011.pdf.Dia kses 3 Agustus 2013.

Hidayat, A. Aziz Alimul.2009.Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika.

Husnah, Anis Rosiatul.2006.Analisa Hubungan Komunikasi Verbal dan Non

Verbal Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. In http://grahacendikia.wordpress.com/2009/03/28/analisa-hubungan-komunik asi-verbal-dan-non-verbal-perawat-terhadap-tingkat-kepuasanpasien/. Diakses tanggal, 4 Februari 2013.

Ilaihi, Wahyu.2010.Komunikasi Dakwah.Bandung: Remaja Rosdakarya

Kuntoro, Agus.2010.Buku Ajar Manajemen Keperawatan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Lestari, Wijayanti Puji dkk.2008.Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan PAsien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. In http://journal.uii

.ac.id/index.php/JKKI/article/viewFile/544/468. Diakses, tanggal 13 Mei 2013

Liauripni, Christina, dkk.(2002).Komunikasi Kebidanan.Jakarta: EGC

Mahmud Machfoedz.2009.Komunikasi Keperawatan (Komunikasi Terapeutik).Yogyakarta: Ganbika.

Mandala, David Aleksander.2002.Analisa Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien.Universitas Airlangga Surabaya.

Mundakir.2006.Komunikasi Keperawatan,aplikasi dalam pelayanan.Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-06-07