Upaya Berpikir Kritis Melalui Membaca dan Berdiskusi Secara Intensif

Authors

  • Rafika Fadilah STIKes Mitra Husada Medan
  • Oni Ulima Sinurat STIKes Mitra Husada Medan
  • Irma Christin Marpaung STIKes Mitra Husada Medan

Keywords:

model pembelajaran creative problem solving, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Peserta Didik Kelas XI-IPA1di SMA Negeri 2Masamba.(dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Helmi) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI- IPA1di SMA Negeri 2 Masaba melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA1di SMANegeri 2 Masamba tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 36orang peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas pembelajaran peserta didik dengan model pembelajaran creative problem solving mengalami peningkatan dari siklusI kesiklus II, (2) hasil observasi pengelolaan  pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II beradadi atas 80%, sehingga dikategorikan sangat baik, (3) nilai rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72 menjadi 81 pada siklus II, (4) ketuntasan individu dan klasikal keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dari 62.86% pada siklus I menjadi 88.57% pada siklus II

References

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2013. Kurikulum 2013: Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah.Jakarta:Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor22 Tahun 2006 Tentang Standar IsiUntuk Satuan Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Splitter, L. J. 1991. Critical Thinking : What, Why, When, and How. Educational Philosophy and Teory23 (1).

Downloads

Published

2023-06-03