PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN DAN KERJASAMA PADA MATAKULIAH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS DENGAN METODE BERMAIN PERAN
Keywords:
Jeu de role, Kepedulian, KerjasamaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) pendidikan karakter pada matakuliah Keterampilan Berbicara bahasa Prancis (“Expression Orale I”) dengan fokus pengembangan nilai-nilai kepedulian dan kerjasama pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis melalui metode pembelajaran bermain peran (jeu de role), (2) meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa dalam berbahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkahlangkah sebagai berikut: (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) monitoring, (4) evaluasi, dan (5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode bermain peran dalam mata kuliah Expression Orale I mampu meningkatkan nilai-nilai kepedulian dan kerjasama mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis pada kategori mulai terlihat (MT). Mahasiswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat (tahap Heteronomi), (2) model pembelajaran bermain peran (jeu de role) yang diterapkan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara berbahasa Prancis mahasiswa menjadi semakin baik.
References
Burns, H.D. 1999. Collaborative Action Research for English Language Teachers. Cambridge : Cambridge University Press.
Chairiyah. 2011. Keefektifan metode membaca ceritera untuk pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Thesis. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta:
PPS UNY Dahlan MD. (1990) Model-model Mengajar, Bandung; Diponogoro. 19
David Elkind & Freddy Sweet. 2004. Caracter Education. New York : Oxford DIRJEN DIKTI. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta:
Ellis, R. 1994. The Study of Second Language Acquisition. New York : Oxford University Press