MENAKAR MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PENGUAT PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER
Keywords:
Merdeka Belajar, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Pembelajaran mendorong dan menyiapkan mahasiswa yang mampu berpikir kritis, kolaboratif, komunikatif, dan kreatif. Merdeka belajar kampus merdeka menyeimbangkan cipta, rasa, dan karsa serta menambah pengalaman lapangan untuk merespon tuntutan pekerjaan dan tuntutan global. Merdeka belajar kampus merdeka dan pembelajaran abad ke-21 sama-sama mempunyai relevansi dengan pengembangan pendidikan karakter yang berbasis pada lima nilai karakter utama yaitu: religius, nasionalis, integritas, gotong royong, dan mandiri. Selain berdasarkan pada lima nilai karakter utama juga berdasarkan pada delapan belah nilai karakter yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
References
Elihami, E. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan
Higher of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 79-8
Kemendikbud RI. (2020). Bebas Memilih 3 Semester di Luar Prodi, Kampus Merdeka 4/4.
Mustaghfiroh, Siti. (2012). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.
Wulandari, Ayik., Handayani, Putri., Prasetyo, Dody Rahayu. (2019). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis EMC (Education Mini Club) sebagai Solusi Menghadapi Tantangan Pendidikan dI Era Revolusi Industri 4.0. Thabiea 2 (1)
Murni, Sylviana. 2020. Peran Strategis Provinsi/Kabupaten Kota dalam Implementasi Merdeka Belajar.Modul Seminar Nasional “Merdeka Belajar: dalam Mencapai Indonesia Maju 2045” yang diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta, pada tanggal 10 Maret 2020.
Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Palyono. 1997. M, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sa’dullah,Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.
Sy afril, dkk. 2017.