LINDUNGI PERAN DAN INOVASI TENAGA KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Baptisan Hia STIkes Mitra Husada Medan
  • Siska Suci Triana Ginting
  • Inda Ramadani
  • Hadisya
  • Helen Esrayani
  • Henita Lumbantoruan

Keywords:

Peran, Inovasi, Pandemi Covid 19

Abstract

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS- CoV- 2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 silam menyebabkan perubahan di berbagai aspek kehidupan, terutama sangat berpengaruh signifikan di aspek kesehatan masyarakat. Sehingga, pelaksanaan program-program bidang kesehatan kini terfokus pada penanganan Covid-19. Covid 19 menuntut untuk melakukan perubahan, baik dalam hal cara berpikir, cara berperilaku, dan cara bekerja. Tantangan selanjutnya adalah cara berpikir dan cara berperilaku yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan tangguh terhadap ancaman penyakit termasuk dari penyakit hari esok . situasi pandemi Covid-
19 membutuhkan kemitraan berbagai pihak dan kesiapan sumber daya manusia pendukungnya.

References

Hadjon, P. M. (2007). Perlindungan Hukum Bagi Rakyat Indonesia: Sebuah Studi Tentang Prinsip-Prinsipnya Penanganannya Oleh Pengadilan Dalam Lingkungan Peradilan Umum dan pembentukan peradilan Administrasi ,2007.

Soekanto S, dan Mamudji, Sri. (2001). Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat), Jakarta : Rajawali Pers.

Setiono, (2004). Rule Of Law (Supremasi Hukum),

Surakarta, Magister IlmuHukum Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Perlindungan Hukum Terhadap Keselamatan Kerja Bagi Tenaga Kesehatan Akibat Pandemi Covid-19 oleh Theresia Louize Pesulima1,

Yosia Hetharie2*1,2 Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia. Diakses dari (https://media.neliti.com/media/publications/316000-perlindungan hukum-terhadap-keselamatan-1504ff56.pdf)

Pentingnya Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Penanganan Covid- 19 diakses dari (https://www.kemenkopmk.go.id/pentingnya-peran- tenaga-kesehatan-masyarakat-dalam-penanganan-covid-19)

Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan jiwa diakses dari (https://www.researchgate.net/profile/DanaBuana/publication/340103659_

Analisis_Perilaku_Masyarakat_Indonesia_dalam_Menghadapi_Pandemi_VirusCorona_Covid19_dan_Kiat_Menjaga_Kesejahteraan_Jiwa/links/5e7f5d1645 515efa0b3c4d8/Analisis-Perilaku-Masyarakat-Indonesia-dalam-Menghadapi-Pandemi-Virus-Corona-Covid-19-dan-Kiat-Menjaga-Kesejahteraan- Jiwa.pdf?origin=publication_detail)

Haselton, M. G.; Nettle, D. & Andrews, P. W. (2005). The evolution of cognitive bias. In D. M. Buss (Ed.), The Handbook of Evolutionary Psychology: Hoboken, NJ, US: John Wiley & Sons Inc. pp. 724–746.

Iqbal, M.(2003).Dzikrul Maut : Implikasinya terhadap kesehatan mental. Skripsi. Jakarta : Fakultas Psikologi UIN Jakarta.

Frankl, V. E. (1984). Man's search for meaning: An introduction to logotherapy. New York: Simon & Schuster.

Downloads

Published

2024-05-07