EFEKTIVITAS PEMBERIAN TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM TERHADAP PENURUNAN NYERI DISMENORE PADA REMAJA PUTRI KELAS VIII SMP SWASTA ERA IBANG KOTA MEDAN TAHUN 2022

Authors

  • Ayu Nova Adelina Lumbantobing STIkes Mitra Husada Medan
  • Siti Nurmawan Sinaga
  • Sitti Nuraisyah
  • Elni Arizona Hutagaol
  • Evi Safitri
  • Fitri Maya Sari

Keywords:

Menstruasi, Nyeri Disminorea, Teknik Relaksasi Nafas Dalam

Abstract

Latar Belakang : Dismenore merupakan kejadian yang sering terjadi pada wanita sewaktu menstruasi yang dapat menggangu aktivitas dan menimbulkan rasa nyeri dibagian daerah abdomen ataupun pinggul. Nyeri yang terjadi saat menstruasi diakibatkan oleh hormon prostaglandin yang membuat kerja otot rahim berkontraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri dismenore pada remaja putri kelas VIII smp swasta era ibang kota medan.

Metode : Metode ini adalah kuantitatif berdasarkan jenisnya yang digunakan di dalam penelitian adalah Eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan bentuk rancangan one group pretest – posttest. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 40 responden dengan menggunakan Purposive Sampling, dianalisis menggunakan Uji Paired T – test , dan waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juni.

Hasil : Hasil penelitian didapatkan sesudah diberikan teknik relaksasi nafas dalam , dengan nilai p-value = 0,000 ( p < 0,05 ) artinya Ha diterima yang berarti ada efek signifikan sesudah diberikan teknik relaksasi nafas dalam.

Kesimpulan : Diharapkan kepada remaja putri dapat mempraktikkan teknik relaksasi nafas dalam sebagai upaya penanganan dalam menurunkan nyeri dismenore sehingga tidak mengganggu aktifitas pada saat menstruasi

References

Ageng, N. Y. I., and Serang Rsud. 2018. “Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operatif Appendictomy Di Ruang Nyi Ageng Serang RSUD Sekarwangi 1.” 107–18.

Amita, Dita, Rika Yulendasari, Program Studi Keperawatan, Program Studi, Ilmu Keperawatan, Dosen Program, and Studi Ilmu. 2018. “Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea Di Rumah Sakit Bengkulu.” 12(1):26–28.

Fidora, Irma dkk. 2021. “Siap Fisik Dan Psikologis Menghadapi Masa Pubertas.” Jurnal Salingka Abdimas Vol.1 No 1.

Hapsar, Anindya. 2019. BUKU AJAR Kesehatan Reproduksi Modul Kesehatan Reproduksi Remaja. Pertam. Edited By A. Hapsari. Malang: Wineka Media.

Ibrahim, Yetika, Weza. 2020. “Efektivitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Nyeri Haid (Diminore) Pada Siswi.” Jurnal Abdimas Saintika volume 2 N(2715–4424):2.

Jannah, Nurul. 2017. Kesehatan Reproduksi & Keluarga Berencana. Pertama. edited by

M. Imron. Jaka: Buku Kedokteran EGC.

Ragilia, Sepda dkk. 2018. “Edukasi Masa Pubertas Pada Remaja.” Journal of Community Engagement in Health Vol. 1 No.(2620–3766):1. doi: 10.30994/10.30994/vol11iss1pp16.

Setiani, Fibrinika Tuta, and Dewi Candra Resmi. 2020. “Jurnal Ilmiah Kesehatan 2020 Jurnal Ilmiah Kesehatan 2020.”

Silaen, R. Ani, L. Putri, W. 2019. “Prevalensi Dysmenorrhea Dan Karakteristiknya Pada Remaja Putri Di Denpasar.” Jurnal Medika Udayana 8(11):1–6.

Silalahi, Veronica. 2021. “Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Tingkat Akhir 1.” 4(2):1–10.

Studi, Program, Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu, Kesehatan Universitas, and Muhammadiyah Parepare. 2020. “Efektifitas Pemberian Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenore) Pada Remaja Putri Asrama Nur Indasari Z, Haniarti ,

Henni Kumaladewi Hengky Metode Penelitian Desain Penelitian Menggunakan Quasi Eksperiment Design Dengan B.” 3(2).

Suaib, Nurkila. 2019. “Pengaruh Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Haid Pada Remaja Putri Di MAN Insan Cendekia Halmahera Barat.” Medikes (Media Informasi Kesehatan) volume 6.

Sulaeman, Ridawati. 2019. “Jurnal Keperawatan Terpadu.” Jurnal Keperawatan Terpadu vol.1 No 2.

Downloads

Published

2024-05-07