FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI PEMANFAATAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) PADA IBU BALITA DI PUSKESMAS RAWA BENING TAHUN 2022

Authors

  • Dina Putriati STIkes Mitra Husada Medan
  • Ester Simanullang
  • Herna Rinayanti Manurung
  • Anggun Lestari
  • Angresya Kembaren
  • Apriami Manalu

Keywords:

Pemanfaatan Buku KIA, Dukungan Suami, Keshatan Anak Balita

Abstract

Akibat rendahnya pengetahuan dan sikap ibu karena pemanfaatan buku KIA masih tergolong rendah dan terkendala serta kebanyakan ibu juga menganggap yang berkaitan dengan buku KIA hanya sekedar buku pemeriksaan sehingga tidak memahami isi buku KIA. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemanfaatan buku Kesehatan Ibu dan Anak pada ibu balita di wilayah kerja puskesmas Rawa Bening tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik observasional melalui pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel yang digunakan adalah ibu balita yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Rawa Bening yang berjumlah 45 responden. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik teknik multistage sampling. Untuk mendapatkan responden yang diinginkan teknik ini dilakukan secara bertahap lebih dari satu kali. Menunjukkan bahwa 62,2 persen pemanfaatan buku KIA merupakan faktor sikap ibu terhadap pelaksanaan pemanfaatan buku KIA. Semakin baik sikap ibu terhadap pemberian imunisasi ibu hamil,maka semakin tinggi bantuan suami yang diberikan atau diterima dalam pelaksanaan imunisasi ibu hamil dan arah hubungan dalam hasil penelitian ini adalah positif. Berbagai elemen yang mungkin berdampak pada sikap ibu tentang pemanfaatan buku KIA. Hasil penelitian ini mengenai hubungan pemanfaatan buku KIA terhadap sikap ibu dalam pelaksanaan imunisasi ibu hamil di Puskesmas Rawa Bening maka dapat disimpulkan jumlah maksimum anak dengan satu anak adalah(51,1%),pendidikan ibu tertinggi adalah SD(19,42%),dan pekerjaan ibu adalah IRT(30,66%), dan Pemanfaatan buku KIA menunjukkan dukungan baik sebesar 62,2%. Sikap ibu dalam pelaksaan Imunisasi ibu hamil menunjukkan sikap positif sebesar 75,6%.

References

Agusrini, Diah. (2013). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Buku KIA dengan Pemanfaatan Buku KIA di Puskesmas Srondol Kota Semarang. Karya Tulis Ilmiah. Akademi Kebidanan Ngudi Waluyo Ungaran.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar. (2008). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Departemen Kesehatan RI dan JICA. (2015a). Petunjuk Teknis Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI dan JICA. (2015b). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Green, L. (1980). Diterjemahkan oleh Marady, Zulasmi, dkk. Perencanaan Pendidikan Kesehatan Sebuah Pendekatan Diagnostik. Jakarta: Proyek Pengembangan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Green, L. 1991. Precede-Proceed Framework. Colombia: My Field Publishing Company.

Lubis,Khairunnisak.2018.WartaEkonomi.https://www.wartaekonomi.co.id/read 174433/angka-kematian-ibu-melahirkan-di-sumut-capai-194- jiwa.html(Diakses pada 20 Maret 2018 )

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Kesehatan Tahun 2014. Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Noviyanti, Yuni. (2015). Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Pemanfaatan Buku KIA oleh Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas I Denpasar Selatan. Skripsi. Fakultas Kedokteran Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Udayana.

Oktarina dan Mugeni. (2015). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Kepatuhan Ibu Hamil dan Ibu Ibu hamil dalam Penggunaan Buku KIA. Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Litbangkes, Kemenkes RI. Jurnal, Vol. 18 No. 2, April 2015: 141-150.

Sugiharti dan Heny. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Posyandu/Polindes pada Ibu Hamil di Indonesia. Pusat Teknologi Intervensi Kesehatan Masyarakat. Jurnal, Vol. 10 No. 2, Juni 2011: 65-71.

Downloads

Published

2024-05-07